Jumat, 07 Maret 2014

Salahkah posisi doamu?



Asalammualikum wr.wb.

Salam sejahtera bagi kita semua. 

Di siang ini, gue habis sholat jumat di masjid yang terletak beberapa langkah dari rumah gue. Dan disana, ketika kutbah selesai, kita semuanya selaku jamaah melanjutkan dengan doa. Di situ, gue perhatiin posisi orang-orang yang sedang berdoa. Kebanyakan dari mereka memposisikan diri dengan menopang lengan hingga siku di pahanya. Setelah melihat itu, gue sedikit merasa janggal dan langsung deh gue bikin postingan ini. 

Pada posting kali ini, gue mau menyinggung soal posisi berdoa kita. Coba deh sekarang, para pembaca posisikan diri Anda ketika ingin berdoa sehabis sholat. Nah, terus perhatikan posisi tangan lu sekarang. Apakah tangan lu masih berada di topangan kedua paha lu? Apakah tangan lu masih berada di bawah dan tidak di angkat keatas? Jika begitu, maka posisi lu sungguh tidak menghormati Allah.

Sebagai seorang manusia, kita sering meminta ini itu kepada Allah. Iya'kan? Meminta hal-hal yang sangat kalian idamkan dan memohon agar cepat-cepat terkabul. Meminta nilai besar, meminta kenaikan gaji, meminta jodoh. Nah, bagaimana Allah akan mengabulkan permintaan atau doa kalian jika mengangkat tangan tinggi keatas saja malas?

Bisa di analogikan begini saudara-saudari, jika ada seorang pengemis yang meminta-minta di jalan. Satu pengemis meminta-minta dengan tangannya di angkat tinggi dan kepalanya ditundukan dalam keadaan rendah hati. Satu lagi pengemis meminta-minta dengan tangannya di topang di pahanya. 

Sekarang, tugas Anda memilih. Kepada pengemis manakah Anda akan memberi uang? Kepada yang mengangkat tangannya tinggi, atau kepada pengemis yang membuka telapak tangannya di pahanya? Jika kalian sudah memilih, tetapkan pilihan itu.

Hampir 90% menjawab akan memberikan uang kepada pengemis yang mengangkat tangannya tinggi. Karena, gestur sederhana itu menunjukan kesungguhan dari si pengemis. Menunjukan bahwa dia sangat membutuhkan uang dari anda. 

Pada dasarnya, kita semua adalah pengemis. Pengemis yang memohon terkabulnya doa. Maka, angkatlah tangan Anda ketika hendak berdoa. Jangan malas! Karena itu menunjukan keseriusan anda dan kesungguhan Anda kepada panjatan doa itu. Apa susahnya sih, mengangkat kedua tangan kita? Padahal gestur sederhana itu sangat menyimpan banyak makna. 

Ayolah, mulai dari sekarang kita sempurnakan posisi doa kita. Angkat tinggi tangan kita ketika ingin berdoa. Tundukan kepala dalam kerendahan hati dan diri. Insyallah, Allah akan mengabulkan permintaan kita lebih cepat lagi karena melihat keseriusan anda. :) 

Wasalamualikum wr.wb. :)

4 komentar:

Ayo agan-agan jomblo maupun yang engga, silahkan comment. Hatur Nuhun sa Nuhun nuhunna