Sabtu, 22 September 2012

Kegilaan AFNI

Hai. hari juma't ini gue baru aja selesai praktek afni. bagi kalian yang ga tau apa itu afni, afni tuh singkatan dari Analisis Fisika Non Instrumen. Sebenernya gue juga ga ngerti apa itu afni, yang cuma gue tau itu.......... ya singkatannya *Analis gagal* 

SMAKBo emang gaul men. Kimia aje gue masih gugugaga  remed sini remed sana, make kalkulator aja ga becus. eh, ditambah sama ini deui. Atuh mampus aje sekalian hahaha.

Oke, back to topic. minggu ini gue laksanain penetapan densitas dan kekentalan cairan cara Ostwald sama penetapan penempatan komponen zat warna secara KLT (Kromatografi Lapis Tipis). Jujur, Gue cengo sama itu semua. Pas masuk dalam lab juga kelompok gue pada lalieur/bingung pada mau ngapain hahaha.

Sebelum masuk lab kita tuh di QUIZ sama pembimbing labnya, malah hari kemarinnya gue kaga belajar terus kerjaan kemarin malem tuh ngelapsus sampe jam 2:00. Jadi aja, gue baca-baca tentang tuh semua diluar lab afni 20 menit sebelum masuk. tapi Beruntung banget ! kelompok gue (Alfonsus, Della, Lilis, galang dan gue) di quiz sama Bu Hilda *Peluuuk*. 

Ditanya tuh sama bu hilda, "Are you ready to explain in english?". kata gue dalem hati " EMAAAAAAAK HELEP ME PULISS. !!". di kelompok gue ga ada yang berani angkat tangan buat ngejelasin. dengan sangat terpaksa gue yang angkat tangan (dari pada kaga bisa semua, terus dikeluarin dari lab ya haha). Gue ngejelasin penetapan kekentalan cara Ostwald pake bahasa inggris. Gue kaga becus ngomong inggris, serasa kaya orang ndeso. Ngomong inggris aja masih Muncrat-Muncret air liur kemana-mana, bagaikan anjing Bulldog yang kena rabies. Tapi dengan bantuan Ilahi *cieelah* Gue BISA !!

Terus KLT (kromatografi lapis tipis) dijelasin sama galang si "penghilang Pikno". Akhirnya kelompok gue lolos dari ujian Tuhan *lebay*. pertama- tama yang kelompok gue lakuin itu bagi tugas. Alfonsus, Della, sama lilis ngerjain KLT, Gue sama galang ngerjain Ostwald yang kejaannya nyedot selang yang isinya sirup sampe bibir lu doer. kemudian, dilepas terus dihitung pake stopwatch dari tanda tera atas sampe ke tanda tera bawah. 

Temen gue si Maho Alfonsus, entah dia itu terlalu pinter atau Idiot. Dia Minum contoh yang ada buat penetapan Ostwald. kan kita kaga tau, kalo itu ada bahan kimia yang berbahaya apa engga. terus katanya " Sirupnya ga ada rasanya". Ocus.. Lu kalo mati jangan salahin gue ya. My pren is truly a genius  *faceplams*
Susunan Kacanya pada penetapan KLT
Lanjut lagi, Setelah Penetapan Ostwald selesai. Gue sama galang bantuin mereka yang lagi penetapan KLT. Gue nyusun kaca besar sama kecil terus di selotipin, Dan gue mau pindahin alkohol ke piala gelas 250ml buat ngebilasin itu kaca. Ternyata.... Piala gelas itu Pecah kesengol sama gue. Sumpah gue bad luck abis hari itu, udah ngelapsus sampe jam malem, kaga ngapalain bagan kerja. Bad luck gue melebihi si Brian. * Oke, kalo Brian sih Extreme banget bad lucknya*

Lanjut setelah mecahin alat itu, semua heran dan cengo ngeliatin gue. tapi, gue keep calm aja (Sebenernya keringat dingin haha). Abis itu, Kaca itu di tuangin pake silika gel terus di roll ampe keatas, ditandai pake spidol terus ditaruh didalem chamber yang isinya eluen. Terus dikeringin pake hair dryer. (Yap aneh kan? emangnya iklan shampoo yang ngegeber rambutnya segala haha) lalu, di ukur jarak spidol dan jumlah warnanya. pada akhirnya dapet hasil dari KLT, bisa diliat nih dibawah :


Emang hasilnya jelek banget, spidolnya kemana-mana. abisnya yang bagus diambil della *sial kau Dellaaaa*
dan jangan tanya kenapa bisa banyak warna gitu, soalnya gue juga kaga tauu hahaha. cukup dulu deh ngeblog buat hari ini, thanks for reading this :D

Regards....

3 komentar:

Ayo agan-agan jomblo maupun yang engga, silahkan comment. Hatur Nuhun sa Nuhun nuhunna